kebersihan pabrik

Alasan Mengapa Kebersihan Area Pabrik Itu Wajib Diperhatikan

Untuk mewujudkan area industri yang nyaman dan produktif, maka penting untuk memulainya dari menjaga kebersihan pabrik. Namun, sayangnya ada beberapa perusahaan yang masih mengabaikan hal ini.

Oleh karena itu, di sini kami ingin sedikit membangun awareness atau kesadaran mengenai pentingnya memastikan area industri atau pabrik tetap bersih dan rapi.

Tentunya jika tidak terbiasa maka akan sulit untuk mendisiplinkan kebersihan area kerja. Rendahnya kesadaran, serta kurangnya sosialisasi membuat masalah ini semakin kompleks dan tidak kunjung terselesaikan.

Mari kita pahami bersama alasan mengapa kebersihan menjadi faktor yang penting dalam produktivitas serta efisiensi di pabrik dan area industri.

3 Alasan Utama Mengapa Kebersihan Pabrik Penting untuk Dijaga

Tidak banyak, kami hanya punya tiga poin untuk dijelaskan di sini. Namun, tentunya semua hal itu bukan sesuatu yang bisa dianggap sepele. Berikut ini informasi lebih lengkapnya.

pembersihan pabrik

Kebersihan Bagian dari Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)

Setiap badan usaha sepakat bahwa K3 adalah hal yang penting dan semestinya sudah melekat sebagai bagian dari SOP. Salah satu upaya untuk mencapai keberhasilan penerapan K3 adalah dengan menjaga kebersihan.

Bagaimana bisa begitu? Kebersihan berpengaruh terhadap kenyamanan dan kesehatan tenaga kerja yang melakukan aktivitas di tempat tersebut.

Apabila pabrik kotor, banyak debu, maka bisa memicu penyebaran penyakit seperti asma, diare, dan sebagainya. Dalam kondisi yang lebih serius lingkungan pabrik yang kotor bisa memicu berkembangnya virus dan bakteri yang sangat berbahaya. Inilah alasan mengapa kebersihan menjadi salah satu penyangga keberhasilan sistem K3 di perusahaan.

Apa pun skala usahanya baik itu kecil, sedang, atau besar kebersihan wajib untuk dipatuhi oleh setiap pihak eksternal maupun internal.

Penunjang Efektivitas dan Efisiensi dalam Bekerja

Jika K3 dapat diterapkan dengan baik, maka kenyamanan, kesehatan, serta keselamatan bisa terwujud. Hal ini nantinya membuat para tim bisa bekerja lebih efektif dan efisien sesuai dengan tanggung jawabnya masing-masing.

Kebersihan area pabrik secara tidak langsung mampu mengurangi risiko kerugian yang lebih besar. Dampaknya bisa langsung terasa untuk jangka pendek atau jangka panjang.

Saat area industri rapi, peralatan dalam keadaan bersih, mesin produksi juga aman dari risiko menumpuknya debu dan kotoran maka cukup masuk akal jika efisiensi dan efektivitas kerja menjadi lebih baik lagi.

Membiarkan area pabrik tetap kotor dan tidak terawat akan menghambat perusahaan untuk mencapai efektivitas tersebut.

Profesionalisme dan Kredibilitas

Lingkungan pabrik yang rapi dan tertata menunjukkan bahwa perusahaan tersebut mengedepankan sikap disiplin menjaga kebersihan dengan baik. Hal semacam ini penting terutama jika ada mitra atau customer yang datang berkunjung ke lokasi produksi.

Ini menunjukkan bahwa perusahaan bekerja secara profesional dan kredibilitasnya teruji. Bayangkan saja seperti apa kesan dan tanggapan mitra atau customer ketika datang ke pabrik kondisinya kotor dan tidak teratur.

Tentunya hal semacam ini bisa mengurangi kepercayaan serta kenyamanan dari para tamu yang berkunjung ke tempat tersebut. Akibatnya tenaga kerja dinilai abai, dan pimpinan gagal dalam menerapkan standar yang paling mendasar yaitu kebersihan area kerja.

Baca juga: Masalah dalam Cleaning Service,Jangan Sampai Hal Ini Terjadi!

Beberapa Bagian yang Perlu Diutamakan Saat Membersihkan Area Pabrik

Menurut pengamatan kami sebagai penyedia jasa general cleaning, ada beberapa bagian penting yang perlu diutamakan saat membersihkan area pabrik. Beberapa di antaranya sebagai berikut:

  • Mesin dan peralatan produksi: memastikan bagian ini bersih dari debu, sisa residu, serpihan, dan lainnya. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan masa pakai mesin dan mencegah kerusakan
  • Lantai dan jalan setapak: melakukan pengecekan terhadap lantai agar kondisinya bersih dan tidak licin. Adanya tumpahan cairan kimia atau bagian tertentu perlu dibersihkan segera agar tidak menimbulkan risiko kecelakaan kerja
  • Area penyimpanan: gudang penyimpanan bahan baku atau tempat menaruh peralatan kerja juga perlu dibersihkan secara berkala dari debu dan kotoran lainnya
  • Ventilasi: pabrik mempunyai jumlah jendela yang cukup banyak, bagian ini mudah kotor dan tertumpuk debu. Oleh karena itu, perlu adanya pembersihan terjadwal untuk memastikan sirkulasi udara tetap lancar tidak terhalang debu
  • Plafon: bagian atas langit-langit atau plafon mudah kotor karena sarang laba-laba. Pembersihan secara manual di setiap sudut area industri untuk memastikan area ini tetap bersih.

Bagaimana apakah awareness mengenai kebersihan lingkungan pabrik sudah mulai terbangun di dalam diri Anda? Apabila mengalami kendala dalam membersihkan lingkungan industri bisa menggunakan alternatif jasa cleaning service pabrik sepertiĀ  Siaga Service System.

Kami akan pastikan area pabrik bersih, terawat, dan memenuhi standar cleaning. Untuk informasi lebih lengkap silahkan hubungi kami.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *