bersih bersih pabrik

5 Area Pabrik yang Harus Diprioritaskan Saat Bersih-bersih

Menjaga kebersihan area kerja itu memang penting, tidak ada yang perlu kita perdebatkan mengenai hal ini. Namun, tentunya sebagai pengelola mungkin Anda tidak tahu bagian mana yang harus kita prioritaskan terlebih dahulu saat bersih-bersih pabrik.

Oleh karena itu, di sini kami ingin memberikan sedikit penjelasan mengenai area mana saja yang sebaiknya di utamakan saat melakukan factory cleaning (pembersihan pabrik).

Anda bisa mengkoordinasikan hal ini bersama dengan jasa cleaning service, agar bisa membuat rencana yang lebih baik untuk keperluan pembersihan.

Ini 5 Kawasan Pabrik yang Sebaiknya Diutamakan Saat Bersih-bersih

Menurut kami, Anda bisa memulai dengan memperhatikan kebersihan pabrik di beberapa bagian berikut agar bisa lebih mudah menentukan area mana yang prioritas dan tidak.

1. Area Produksi Utama

Ini adalah area kerja utama yang digunakan oleh para karyawan operasional produksi. Tentu kebersihan di tempat ini adalah suatu keharusan, bahkan tidak hanya bersih tapi wajib steril juga.

Area ini umumnya berukuran cukup luas di dalamnya terhadap alat-alat produksi dan mesin-mesin berukuran besar.

Bergantung pada produk apa yang ada di pabrik tersebut. Dalam kondisi tertentu ada kemungkinan tumpahan cairan zat kimia, minyak dan noda dan kotoran lainnya yang tergolong sulit untuk dibersihkan.

Pembersihan area produksi akan melibatkan tim cleaning service dalam jumlah yang cukup banyak. Pembagian tugas perlu dilakukan agar proses cleaning berjalan efektif. Penggunaan alat cleaning yang lebih modern juga bisa membantu cleaning menjadi lebih cepat dan tuntas.

2. Gudang atau Warehouse

Sebagai tempat untuk menyimpan barang-barang dan bahan baku produksi, area gudang atau warehouse ini rawan tertumpuk debu yang bisa menghambat aktivitas di pabrik. Selain itu, kondisi kotornya gudang juga cukup berisiko bagi petugas atau tenaga kerja yang melakukan aktivitas setiap hari di tempat tersebut.

Pembersihan gudang secara rutin, memastikannya tetap bersih dan tidak penuh debu. Pabrik besar biasanya mempunyai gudang yang cukup luas, sehingga pembersihan manual akan membutuhkan terlalu banyak waktu.

Sebagai contoh untuk pembersihan di bagian lantainya bisa menggunakan mesin scrubber ini akan membuat pekerjaan selesai lebih cepat dan hasilnya juga maksimal.

3. Area R&D

Ruangan atau bagian khusus untuk melakukan R&D (Research and Development) juga tentunya perlu di prioritaskan kebersihannya. Risiko tumpahan zat kimia dan kontaminasi debu bisa terjadi apabila area ini tidak dibersihkan secara rutin. Pembersihan menyeluruh melibatkan tim cleaning service yang profesional dan penggunaan chemical khusus untuk membersihkan total sisa-sisa zat kimia tersebut.

4. Area QC (Quality Control)

Selanjutnya, ada ruangan QC yang menjadi tempat untuk mengontrol kualitas setiap produk sebelum didistribusikan ke konsumen.

Kebersihan menjadi bagian yang penting di sini, apabila area ini kotor dan tidak terawat maka bisa saja mempengaruhi kualitas dari produk yang sudah dihasilkan.

Setiap perusahaan semestinya mempunyai standar yang berbeda-beda mengenai acuan kebersihan, sanitasi, dan tingkat steril dari area QC. Terutama jika produknya berupa makanan atau minuman, tentunya risiko kontamnasi lebih tinggi sehingga kebersihan harus ekstra hati-hati.

5. Toilet

Selain area pabrik utama, jangan lupakan juga soal fasilitas pabrik seperti toilet. Ini menjadi bagian yang seringkali terabaikan, padahal ada risiko bahaya yang cukup besar apabila membiarkan toilet di area pabrik kotor atau tidak di rawat dengan baik.

Pertama, Anda perlu memahami toilet ini digunakan oleh banyak orang setiap harinya. Perliaku setiap orang berbeda-beda ada yang peduli dengan kebersihan ada juga yang bersikap mengabaikannya.

Kalau di pahami kembali toilet ini salah satu tempat yang kotor dan bisa menjadi sumber penyebaran penyakit. Untuk memastikan hal ini tidak terjadi, maka pembersihan WC/toilet perlu kita lakukan secara rutin.

Selain beberapa area di atas, kebersihan dinding, lantai, serta bagian langit-langit di bangunan pabrik juga perlu di perhatikan. Pembersihan rutin untuk menghilangkan debu-debu, sarang laba-laba, dan lain sebagainya.

Baca juga: Gunakan Pest Control Industri Agar Area Kerja Tetap Kondusif

Pentingnya Survey Lokasi Sebelum Bersih-bersih Pabrik

Karena ada begitu banyak area yang perlu di bersihkan, maka penanggung jawab pabrik sebaiknya berkoodinasi dengan jasa cleaning service pabrik untuk melakukan survey lokasi.

bersih-bersih pabrik industri

Pengecekan lokasi bisa mempermudah tim kebersihan untuk mengetahui bagian-bagian mana yang nantinya akan di prioritaskan. Selain itu, tahapan ini juga mempermudah penyedia jasa untuk menghitung perkiraan biaya yan pembersihan.

Sebagian besar cleaning service menggunakan perhitungan per meter untuk membersihkan area pabrik. Begitu juga dengan Siaga Service System, sebagai perusahaan cleaning service di kota besar kami sering menjumpai project pembersihan cleaning service pabrik dan kawasan industri.

Apabila Anda membutuhkan layanan bersih-bersih pabrik, silahkan hubungi admin melalui kontak yang tersedai di website. Kami dengan senang hati akan memberikan penawaran terbaik untuk Anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *