mesin cleaning service modern

Mesin Cleaning Service, Benarkah Bisa Maksimalkan Pembersihan?

Tenaga jasa kebersihan perlu beradaptasi dengan lebih cepat. Karena sekarang pekerjaan bersih-bersih tidak selalunya dikerjakan manual. Berbagai perusahaan sudah mulai menggunakan mesin cleaning service untuk membuat semuanya terasa lebih cepat dan efisien.

Penggunaan mesin dalam proses pembersihan memang sudah bukan lagi hal yang baru.

Namun, metode ini terus berkembang dengan cukup pesat. Kami yakin dari sisi pelanggan juga menginginkan hasil bersih-bersih yang maksimal dan dikerjakan dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Dengan begitu gedung atau bangunan tersebut bisa segera digunakan, contoh saja dalam pembersihan hotel atau gedung kantor. Sebisa mungkin pekerjaan cleaning jangan sampai terlalu lama dan menghambat produktivitas para karyawan.

Lalu apa saja mesin yang digunakan untuk menunjang pekerjaan cleaning service? Berikut penjelasannya.

6 Mesin yang Mulai Banyak Digunakan dalam Cleaning Service

Sebenarnya ada banyak mesin dan alat-alat canggih yang saat ini mulai digunakan oleh petugas kebersihan. Berikut ini kami jelaskan beberapa di antaranya yang paling populer.

1. Mesin Polisher

Mesin polisher adalah salah satu alat cleaning service yang digunakan untuk memoles permukaan lantai. Bagian bawah dari mesin ini terbilang cukup unik karena seperti piringan yang berputar kencang begitu tombol “ON”, dinyalakan.

Lantai yang terbuat dari granit, marmer, teraso bisa dipoles sampai kinclong dengan menggunakan alat ini.

Saat menggunakan mesin ini, tenaga kebersihan akan menggunakan zat kimia/chemical berbentuk bubuk. Bahan inilah yang nantinya akan membantu proses pemolesan lantai membuatnya lebih berkilau dan bersih.

Meskipun terlihat mudah, mengoperasikan mesin polisher itu tetap butuh keahlian tersendiri. Ya, ini bukan hanya soal alat yang canggih tetapi juga orang yang menggunakannya juga harus paham caranya.

Mesin polisher ini banyak juga digunakan oleh jasa poles marmer, mereka menawarkan solusi praktis untuk membuat lantai kinclong dan bersih dengan maksimal.

2. Vacuum Cleaner

Selanjutnya, ada vacuum cleaner yang sepertinya menjadi salah satu mesin cleaning service yang paling umum di antara lainnya. Mesin ini berfungsi untuk menyedot debu, kotoran, dan sampah ukuran tertentu.

Mesin ini sudah sangat umum, bahkan banyak versinya ada yang berukuran cukup besar bahkan yang kecil juga ada bisa digunakan untuk rumahan.

Vacuum cleaner bisa digunakan untuk membersihkan bagian lantai, untuk vakum berukuran kecil bahkan bisa juga dipakai untuk membersihkan sofa dan furniture.

Selain berbeda secara ukuran, vacuum cleaner juga terbagi menjadi dua:

  • Dry vacuum cleaner: berfungsi untuk membersihkan kotoran yang sifatnya kering seperti debu dan sebagainnya
  • Wet vacuum cleaner: berfungsi untuk membersihkan sisa air atau tumpahan cairan di permukaan benda atau lantai

Namun, berkat kecanggihan teknologi sekarang ini sudah ada juga vakum cleaner yang punya dua fungsi dalam satu mesin. Tidak perlu lagi menyediakan dua alat untuk keperluan pembersihan yang berbeda.

3. Carpet Extractor

Untuk yang satu ini mungkin tidak terlalu umum. Carpet extractor sendiri adalah mesin yang digunakan untuk mencuci karpet yang memiliki sikat berputar (rotary brush) di bagian bawahnya.

Mesin ini bisa mengeluarkan air sekaligus menyedot kotoran. Bentuk dari mesin ini cukup unik, ada roda di bagian samping kanan dan kirinya memudahkan penggunaannya.

Cara menggunakan carpet extractor bisa dibilang cukup sulit bagi pemula. Anda mungkin perlu mempelajari panduannya terlebih dahulu jika memang ingin membelinya.

4. Automatic Scrubber

Automatic scrubber adalah mesin yang digunakan untuk menyikat lantai pada lantai di ruangan yang besar. Bentuk dari automatic scrubber ini mirip dengan carpet extractor. Hanya saja, fungsinya lebih universal menyeluruh.

Automatic scrubber atau floor polisher digunakan untuk menyemprot cairan pembersih, menyikat, sekaligus mengeringkan.

Canggih juga ya?

Mesin seperti ini memang harganya mahal, tapi bisa menjadi investasi yang cukup berharga terlebih lagi untuk membersihkan ruangan luas hingga 1600 m2 per jam  cocok untuk pabrik, udang, rumah sakit, gedung kantor, fasilitas publik, dan sebagainnya.

5. Blower

Selanjutnya, adalah mesin cleaning service penunjang berupa blower. Blower sendiri digunakan untuk mengeringkan karpet setelah dicuci. Karena masalahnya mengeringkan karpet basah berukuran besar itu butuh waktu yang tidak sebentar.

Terkadang ada masalah di cuaca yang mendung, jadi blower ini sangat penting untuk keperluan darurat.

Itu dia penjelasan mengenai berbagai jenis mesin cleaning service yang banyak digunakan oleh perusahaan jasa kebersihan profesional.

Menjawab pertanyaan utama, “Apakah penggunaan mesin bisa maksimalkan hasil pembersihan?”, menurut kami jawabannya “Ya”

Dengan catatan orang yang mengoperasikan alat cleaning modern tersebut juga harus paham prosedur dan teknik-tekniknya. Apabila tidak maka hasilnya mungkin tetap tidak maksimal.

Tertarik untuk menggunakan jasa cleaning service dengan penggunaan mesin modern?

Hubungi tim Siaga ServiceSystem kami berusaha menerapkan metode yang tepat untuk setiap keperluan kebersihan dengan hasil yang optimal termasuk menggunakan alat yang berkualitas.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *