Cara Membersihkan Lantai Teraso Paling Efektif

cara membersihkan lantai teraso
Cara membersihkan lantai teraso

Memiliki lantai teraso tentu berbeda perawatan dan pembersihannya dengan lantai keramik pada umumnya. Lantai teraso juga berbeda dengan marmer, baik dari motif maupun harga materialnya. Perbedaannya bisa dilihat dari teksturnya. Lantai teraso cenderung lebih keras dari marmer bahkan hampir setara dengan dengan granit. Bagi Anda yang menggunakan lantai teraso untuk rumah Anda, maka sebaiknya Anda ketahui cara perawatannya agar menghasilkan teraso yang bersih dan terawat. Lalu bagaimana cara membersihkan lantai teraso.

Cara Pembersihan Lantai Teraso

Untuk memudahkan Anda yang memiliki lantai teraso agar melakukan perawatan lebih mudah, maka Anda bisa melakukan beberapa cara perawatan berikut ini.

  • Perawatan Lantai Teraso Setiap Hari
  • Tempatkan keset di depan pintu untuk mengantisipasi pasir ataupun kotoran lain yang dapat merusak permukaan lantai.
  • Apabila terkena tumpahan makanan atau minuman berwarna, usahakan untuk langsung mengelap agar tidak meresap kedalam lantai teraso tersebut.
  • Gunakan alas (tatakan) untuk gelas yang berisi minuman panas agar tidak membekas dipermukaan teraso.
  • Saat mengepel, jangan gunakan pel-pelan yang terlalu basah, hal ini untuk menghindari terjadinya pelunturan kristal pada lantai.
  • Jangan menggunakan cairan pembersih / pewangi secara terus menerus karena sifatnya yang lengket dapat membuat lantai cepat kotor. Jika memerlukannya bisa lakukan seminggu sekali.
  • Perawatan Berkala

Untuk perawatan berkala Anda bisa lakukan secara rutin bisa dengan menggunakan jasa poles lantai. Karena jasa poles lantai pastinya memiliki alat tersendiri biasanya adalah mesin buffing/polisher) untuk perawatannya. Pada proses ini, dilakukan pengamplasan dari yang yang kasar sampai halus,kristalisasi dasar dan kristalisasi lanjutan (finishing).

5 Langkah Perawatan Lantai Teraso

Lantai teraso yang digunakan pada rumah tentu membutuhkan perawatan yang lebih rutin. Karena batu alam yang satu ini memang sangat sensitif untuk goresan dan lain-lain. Untuk itu, sebaiknya Anda juga perlu melakukan perawatan sendiri tanpa menggunakan jasa perawatan lantai teraso. Untuk langkah perawatan yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut :

  1. Buat Program Perawatan Yang Menyeluruh

Batu alam yang sangat sensitif terhadap goresan dan benda-benda kecil lain ini memang memerlukan perawatan yang dilakukan secara berkala. Anda bisa lakukan pembuatan program perawatan secara menyeluruh dengan membuat jadwal perawatan. Atau Anda bisa selalu menyeka air dari permukaan batu alam ini.

  1. Pastikan Agar Tumpahan Tidak Mengendap Dalam Waktu Lama

Zat yang bisa merusak lantai teraso sangat banyak, mulai dari  pembersih lantai ber Ph tidak normal, teh dan kopi. Jika hal ini dibiarkan maka akan meresap ke dalam lantai teraso. Hindarkan kejadian tersebut, namun saat membersihkan tumpahan yang dapat menyebabkan noda, hindari menggosok atau menyekanya. Anda bisa membersihkannya secepat mungkin menggunakan handuk microfiber maupun jenis kain halus lainnya.

  1. Hindari Menempatkan Benda Berat Di Atas Batu Alam

Selalu ingat bahwa batu alam ini juga bisa rusak. Baik yang dilakukan sengaja maupun tidak ternyata bisa menyebabkan kerusakan pada batu alam ini. Untuk itu, khusus untuk meja kitchen set, logam, panci dan wajan, atau bahkan celana jeans, yang dapat merusak hindarkan langsung berada di permukaan batu alam. Anda bisa beli alas gelas berkualitas, atau alas anti panas lain agar tidak bersentuhan langsung dengan permukaan batu alam. Kerusakan yang disebabkan oleh goresan yang dalam paling sulit untuk diperbaiki.

  1. Poleslah Teraso Secara Berkala

Menjadwalkan waktu untuk memoles perlu dilakukn untuk dapat memperpanjang umur keartistikannya. Jika Anda tidak bisa melakukannya sendiri, Anda bisa gunakan jasa poles. Saat ini ada banyak tukang poles di pasaran yang khusus dirancang untuk batu alam ini. Pastinya mereka lebih tahu bagaimana untuk perawatan yang lebih mudah.

Baca Juga: Begini Cara Merawat Lantai Granit Agar Tetap Berkilau

  1. Poles Ulang Layaknya Pasang Baru

Setelah beberapa tahun dari pemasangan pertama, mungkin Anda mendapatkan lantai teraso yang pudar seperti awal. Agar lantai teraso menjadi kembali cerah layaknya pasang baru Anda bisa lakukan pemolesan.

Itulah cara pembersihan dan perawatan lantai teraso yang bisa Anda lakukan untuk merawat lantai teraso Anda. Jika Anda memerlukan jasa poles lantai teraso, marmer maupun granit hubungi Kami sekarang juga !

Untuk informasi lebih lanjut hubungi

WhatsApp admin 1

WhatsApp admin 2

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *