Ketahui Tips Merawat Lantai Rumah Sesuai Material Agar Lebih Awet

Material lantai rumah sangat beragam. Siapapun yang akan membangun rumah pasti sangat senang bila memilih lantai yang paling tepat digunakan. Namun perlu diketahui, masing-masing lantai rumah pastinya membutuhkan perawatannya masing-masing. Mengingat perawatan ini penting, maka sebagai pemilik rumah Anda perlu mengetahuinya.

Perawatan lantai rumah yang salah tidak hanya berakibat pada rusaknya tampilan dari material lantai tersebut. Melainkan juga akan menimbulkan kerusakan yang mengharuskan Anda untuk melakukan renovasi kecil-kecilan. Pastinya Anda tak ingin hal tersebut terjadi kepada Anda bukan? Maka dari itu, pahami bagaimana perawatan lantai yang benar. Untuk memudahkan Anda, kali ini Kami akan berbagi informasi perawatan lantai rumah yang mudah.

Perawatan Lantai Rumah Berdasarkan Jenis Material

Berikut cara perawatan lantai rumah paling benar :

Pembersihan Lantai Ubin Kemarik

Lantai keramik merupakan jenis material yang paling banyak digunakan. Salah satu alasannya adalah lantai ini sangat mudah dalam perawatan. Anda tak perlu melakukan banyak hal untuk merawat lantai keramik ini, karena cukup disapu dan di pel setiap hari sudah cukup untuk menjaga kebersihannya. Namun sesekali bisa menyikat bagian sambungan atau nat keramik. Bagian ini adalah bagian yang paling mudah kotor. Anda bisa lakukan penyikatan paling lama 3-4 bulan sekali.

Baca juga : Cara Ampuh Hilangkan Kerak Pada Keramik

Membersihkan Lantai Batu Alam Marmer atau Granit

Jenis lantai kedua yang juga banyak digemari adalah lantai batu alam yaitu marmer dan granit. Keduanya merupakan jenis lantai yang berpori yang membuatnya memerlukan perawatan ekstra jika dibandingkan dengan jenis lantai lainnya. Untuk menjaga tampilannya agar tetap elegan dan mewah lakukan perawatannya dengan benar. Adapun langkah perawatannya yaitu :

  • Pastikan tidak ada genangan air di lantai.
  • Bila terjadi tumpahan segera langsung mengeringkannya.
  • Jangan lupa memberikan coating ekstra pada batu marmer dan granit. Bila perlu melakukannya secara berulang dan berkala.

Baca juga: Cara Mudah Agar Lantai Marmer, Granit,  Teraso Tetap Berkilau

Pembersihan Lantai Parket Kayu

Lantai parket banyak digunakan untuk rumah karena terkenal dengan kesan hangat. Sama halnya dengan lantai batu alam, material ini juga tak ramah terhadap genangan air. Karena hal tersebut dapat membuatnya mudah rapuh dan ditumbuhi oleh jamur. Untuk prawatannya, selain memastikan tidak ada genangan air, saat mengepel juga harus pastikan Anda menggunakan kain pel yang lembab dan tidak terlalu basah. Selain itu, dikarenakan lantai parket ini mudah tergores, ada baiknya gunakan pelindung tambahan pada perabot milik Anda. Juga hindari adanya gerakan menyeret dan mendorong perabot.

Cara Membersihkan Lantai Vinyl

Memiliki tampilan seperti lantai parket, lantai vinyl justru memiliki daya tahan yang lebih baik terhadap air. Meskipun demikian, hindarkan lantai vinyl ini dari genangan air karena air dapat merusak lem yang digunakan untuk merekatkan lembaran vinyl ke lantai. Selain itu, material lantai rumah ini juga serupa dengan parket yaitu rentan terhadap gesekan benda tajam. Sehingga Anda perlu memasang pelindung untuk furniture rumah untuk memastikannya bebas dari gesekan furniture tersebut.

Baca juga : Cara membersihkan lantai setelah renovasi

Cara Pembersihan Lantai Karpet

Penggunaan karpet pada lantai memang memberikan perlindungan yang baik. sayangnya, lantai rumah dari karpet sangat rentan terhadap bakteri dan jamur. Jadi, Anda harus pastikan karpet trsebut dalam keadaan yang selalu kering dengan membersihkannya menggunakan vacuum cleaner. Bila perlu lakukan pembersihan terhadap tungau menggunakan alat vacuum khusus secara berkala.

Itulah yang harus dilakukan untuk menjaga lantai di rumah tetap bersih dan sehat. Perawatan yang rutin tidak hanya akan membuatnya awet, namun dapat menghemat biaya Anda karena Anda tak perlu khawatir adanya renovasi maupun pembelian lantai yang baru.

You May Also Like